Najwa Shihab, Presenter Cantik Dan Cerdas

33-6-454x300

Buat kalian yang sering nonton berita tentunya kalian gak asing dengan nama pembawa acara berita yang satu ini ‘Najwa Shihab’

najwa-shihab5-250x300

Memiliki nama asli Najwa Shihab namun ia akrab dipanggil dengan sebutan Nana, lahir di Makasar 16 September 1977 (umur 39 tahun) ia dalah seorang pembawa acara berita di salah satu stasiun televisi yaitu Metro Tv. Ia telah menjadi seorang anchor program berita prime time Metro Tv hari ini, di acara Suara Anda dan program Mata Najwa. Najwa adalah putri kedua dari Quraisy Shihab seorang Menteri Agama di era Kabinet pembangunan VII. Nana menikah dengan lelaki bernama Ibrahim Assegaf dan sudah memiliki satu orang anak laki-laki yang akrab dipanggil Izzat (14 tahun).

Najwa adalah alumni fakultas hukum di UI tahun 2000. Semasa SMA ia terpilih mengikuti program AFS, yang di Indonesia program ini dilaksanakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya, selama satu tahun di Amerika Serikat. Merintis karier di RCTI, tahun 2001 ia memilih bergabung dengan Metro TV karena stasiun itulah yang dinilai lebih menjawab minat besarnya terhadap dunia jurnalistik.

Pertemuan dengan Suami

r

Ternyata Reporter Senior Najwa Shihab yang kini kita kenal, ternyata memiliki kisah unik dalam perkenalannya saat pertama kali bertemu dengan sang suami. Banyak hal yang tak di sangka sebelumnya, namun berakhir indah hingga kini mereka telah di karuniai Buah hati.

Najwa Shihab dikala itu yang mendapatkan jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan Akademi), memilih untuk masuk ke Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Disana, ia bertemu dengan Ibrahim Sjarief Assegaf, yang merupakan seniornya. Kedekatan Najwa dengan Ibrahim membuat keduanya memutuskan untuk menikah.

Menikah di Solo pada tahun 1997

index-1

Ibrahim dan Najwa menikah di Solo tahun 1997 dengan prosesi upacara pernikahan adat Surakarta. Setelah menikah, ia tetap melanjutkan kuliah dan menjelang akhir kuliah, magang di RCTI sebagai jurnalis.

Berawal dari menjadi Jurnalis RCTI, Najwa Shihab kemudian memilih bergabung dengan Metro TV. Menjadi anchor program berita prime time Metro Hari Ini dan program bincang-bincang Mata Najwa, di stasiun televisi tersebut. Terkenal sebagai jurnalis yang meliput bencana tsunami di Aceh.

Sampai saat ini Najwa Shihab masih menjadi pembawa berita dan acara di Metro TV, sedangkan Ibrahim Sjarief Assegaf sendiri saat ini menjadi advokat di firma Assegaf Hamzah & Partners.

Dengan kepintaran yang ia miliki selama menjadi pembawa acara berita najwa juga mendapat kan sejumlah penghargaan.

Kelahiran Anak

2-27-300x206

Tak lama mereka menikah, di tahun 2001 Najwa dan Ibrahim di karuniai seorang anak laki-laki yang diberikan nama Izzat Assegaf.

Penghargaan yang pernah didapatkan:

1-32-296x300

Panasonic Gobel Awards 2015 : Presenter Talkshow Berita & Informasi Terfavorit

  • Jurnalis Terbaik Metro TV 2006
  • Young Global Leader (YGL) 2011 dari World Economic Forum (WEF)

Najwa Shihab Tak Berkerudung

o

Banyak yang mempertanyakan cara berpakaian host Mata Najwa ini, Najwa Shihab yang tidak berjilbab. Pertanyaan yang “wajar” memang karena mengingat dia adalah seorang putri dari seorang ulama kondang, ahli tafsir, mantan rektor sekaligus mantan Menteri Agama Republik Indonesia era Soeharto, Prof. Dr. Quraisy Shihab yang wajahnya hingga kini masih sering tampil di sejumlah layar kaca.

Memang benar, wanita kelahiran Makassar 16 september 1977 ini hidup dalam lingkungan keluarga yang religius. Najwa menempuh pendidikan dasarnya di lembaga pendidikan berbasis agama, mulai dari TK Al-Quran di Makassar, lalu Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah (setingkat SD), kemudian SMP Al-Ikhlas, Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Pendidikan keagamaan juga diterapkan secara ketat oleh keluarganya bersama lima orang saudaranya. Sudah menjadi rutinitas, sejak magrib harus sudah di rumah untuk berjamaah magrib, mengaji Al-Quran dan membaca Ratibul Haddad bersama. Baru setelah memasuki bangku kuliah, Najwa sudah diijinkan keluar setelah maghrib karena padatnya jadwal dan kegiatan perkuliahan. Itu karena keluarganya memang sangat memperihatikan faktor pendidikan.

Pendekatan pendidikan di keluarganya tidak dengan menggunakan cara-cara yang otoriter, melainkan dengan cara yang demokratis. Kendati dididik dalam lingkungan yang religius, namun soal mengenakan jilbab tidak diwajibkan oleh orang tuanya.

Walaupun Najwa tidak menggunakan hijab akan tetapi ia mampu menunjukan bahwa tanpa hijabpun wanita bisa terlihat terhormat dan najwa adalah salah satunya.

Sempat berseteru dengan Farhat Abas

3-23-300x300

Najwa juga pernah menjadi korban kicauwan Farhat Abas di Twiter. Pada saat itu Program Mata Najwa kembali mengangkat episode “Mendadak Capres” dan bintang tamunya adalah Farhat Abas.

Dan di episode yang ditayangkan pada Rabu, 21 Agustus 2013 Farhat Abbas pun dibedah pikirannya, track record serta tindak tanduknya oleh Najwa Shihab, di bagian awal Najwa menyebut Farhat sebagai sosok yang penuh kontroversial dan terkenal karena sensasi bukan prestasi.

Langsung wajah Farhat terlihat kesal dan segera membantah pernyataan tersebut dengan mengatakan bahwa ia banyak berprestasi sebagai pengacara, salah satunya adalah membebaskan Gembong-gembong narkoba.

Untuk menguji kesiapan Farhat sebagai CaPres, Najwa memberikan pertanyaan tentang apa program kerjanya nanti jika menjadi Presiden. Reformasi Pendidikan! Anak masuk SD 4 tahun, SMP digabung dengan SMA menjadi 3 tahun dan S1 serta S2 4 tahun dan agar memudahkan semuanya maka katagori umur dewasa yang sekarang 17 cukup menjadi 13 tahun saja, ketika Najwa menanyakan darimana sumber pemikiran tersebut ternyata adalah dari pikirannya sendiri alias karangan, saya pun kaget saya pikir ia memperolehnya dari sebuah penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan namun ternyata hanya karangan bebas seorang Farhat Abbas.

Merasa kesal dengan pertanyaan-pertanyaan Najwa pasca wawancara, ia mengungkapkan kekesalannya di twitter. Berikut kicauan farhat untuk Najwa :

  1. Cara-cara bertanya Najwa di mata Najwa adalah cara-cara bertanya orang bodoh! Jika gue jadi Najwa gue bisa bertanya dengan cara yang lebih bodoh
  2. Najwa kan anaknya ahli tafsir quran besar islam, gue pikir rugi amat jika cuma bekerja dengan mengandalkan cara & pertanyaan yg bodoh! Buang-buang waktu!
  3. Jika ayah Najwa ahli tafsir islam yg baik & logis! Sedangkan Najwa jadi tukang wawancara yg sering salah dan tafsir yg sesat! Gak pakai otak
  4. Gue menyimpulkan tata wicara tafsir yg sembrono si Najwa adalah menandakan Najwa wanita bodoh yg kerjanya membodoh-bodohin orang & dirinya sendiri
  5. Dan lebih anehnya kog papa nya Najwa gak pernah membuka tafsir quran tentang agar mulut, pertanyaan, tafsir Najwa harus baik & islam
  6. Semua yg nyapres kalo dimata & mulut Najwa dicap nya nyari sensasi kecuali teman se profesinya Anis Baswedan.
  7. Usaha Najwa yg mempermalukan Rhoma Irama dimata Najwa adalah upaya tak baik untuk menggagalkan capres pemimpin RI 9. Dari semua tamu yg hadir di mata Najwa hanya Farhat Abbas yang mampu membuat kewalahan & nampak bodoh abis! Sehingga seperti suami istri yang lagi berantem.

Dari semua cecaran Farhat Abas, Najwa sama sekali tidak pernah menanggapi dan dari situlah nampak bahwa Najwa adalah orang yang cerdas dan tidak mau memperkeruh suasana dengan harus menjawab cuitan Farhat.