Inilah Oleh-Oleh Khas Dari Beberapa Daerah Di Indonesia

dodol-garut-870x300

Seperti yang kita ketahui saat ini Indonesia terdiri dari 34 provinsi dan Indonesia adalah negara yang kaya akan ragam budayanya. Bagi kalian yang belum tahu, provinsi yang paling baru adalah Kalimanan Utara. Banyaknya provinsi di Indonesia tentu saja dapat membuat kebiasaan masyarakatnya pun juga berbeda-beda. Bahasa khas, pakaian khas dan makanan khas tiap provinsipun tentunya berbeda dan beraneka ragam.

Bicara soal makanan khas, tentunya setiap provisi bahkan setiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri. Misalnya kita ke Padang ada rendang sebagai makanan yang wajib kita coba saat berada di sana dan jika ke Medan ada bika ambon yang juga gak kalah terkenalnya dari rendang. Begitu pula setiap daerah.

Nah kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang makanan khas yang ada di setiap daerah di Indonesia. Khusus saya rangkum gaes. Apa oleh-oleh daerah kalian masuk?

Medan – Bika Ambon

q-2

Bika Ambon, emang sih namanya ada Ambon-Ambonya tapi kue yang satu ini bukan makanan khas dari Ambon loh gaes, melainkan makanan khas dari kota Medan. Kue berwarna kuning dengan tekstur berserat dan berlubang ini sudah cukup lama menjadi pilihan oleh-oleh favorit wisatawan yang berkunjung ke Medan. Selain rasanya yang original, kue Bika Ambon juga memiliki beberapa rasa lainnya seperti rasa pandan, mocca dan keju bahkan sekarang juga ada rasa durian. Ada banyak penjual kue bika Ambon di Medan, salah satu yang paling terkenal adalah Bika Ambon Zulaikha di Jalan Mojopahit No. 62. Harga Bika Ambon ukuran besar antara Rp 60–70 ribu dan ukuran kecil antara Rp 35–43 ribu dengan daya tahan hingga empat hari.

Jakarta – Kerak Telor

r-2-768x576

Kerak telor merupakan makanan khas Betawi. Keberadaan kerak telor di Jakarta, layaknya gudeg di Jogja. Sudah menjadi kesatuan dan ciri khas makanan daerah Jakarta itu sendiri. Makanan ini memiliki cita rasa unik dan cara masaknya pun juga cukup unik. Mungkin itu yang menjadikan daya tarik para pembeli kerak telor.

Namun, sayangnya mendapatkan kerak telor tak semudah dulu lagi. Para penjaja keliling biasanya mangkal di tempat-tempat tertentu saja. Mungkin karena banyaknya makanan modern di Jakarta, sehigga menggerus ruang gerak para penjual kerak telur ini.

Untuk mendapatkan kerak telor, biasanya harus menunggu adanya festival atau event-event tertentu yang mengusung tema makanan khas daerah. Atau kalau anda beruntung ada bisa menemukannya di tempat beli oleh-oleh khas Jakarta daerah wisata Setu Babakan di Jagakarsa, Kota Tua dan pasar-pasar tradisional di Jakarta.

Brebes – Telur Asin

e-8

Telur asin Brebes selalu menjadi oleh-oleh favorit para pejalan yang melintasi jalur Pantai Utara (Pantura). Lauk yang juga bisa menjadi makanan selingan ini mudah ditemui di pusat oleh-oleh di jalur tersebut, misalnya di Jalan Diponegoro, Brebes. Makanan ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang sampai akhirnya menjadi makanan khas dari kota Brebes.

Asal muasal telur asin Brebes ini bermula ketika itu ada keluarga dari China bernama In Tjiau Seng dan Tan Polan Nio yang memproduksi Telur Asin dan kemudian memproduksi Telur Asin dan memasarkannya ke Jakarta. Kemudian ada satu pekerjanya yang keluar dan membuka produksi telur asin itu sendiri dan menyebarkannya ke Brebes. Nah, disinilah awal penyebaran Telur Asin kepada masyarakat, Telur Asin tidak lagi eksklusif yang hanya di pasarkan di Jakarta saja tapi telur asin juga dijual di Brebes dan sekitarnya.

Jika kamu mengunjungi Brebes ada baiknya kamu membeli telur asin yang bermerek terkenal ini yaitu (Tjoa).

Palembang – Pempek

pempek-campur

Belum ke Palembang kalau belum nyobain makanan khasnya yang satu ini dan makanan ini juga bisa menjadi oleh-oleh untuk kalian bawak pulang saat kalian dari kota Palembang. Pempek Palembang banyak sekali turunannya, dalam artian dari satu adonan pempek dapat dibuat berbagai macam makanan yang lezat.

Misalnya Pempek Panggang (pempek yg dipanggang di atas bara api), Pempek Lenggang (pempek yang dicampur dengan telur mentah kemudian dimasak dengan cara dibakar di atas bara api), Model (pempek isi tahu disajikan dengan kuah udang), Tekwan (pempek dengan bulatan kecil disajikan dengan kuah udang), Celimpungan (pempek dengan bulatan kecil disajikan dengan kuah santan kuning) dan semuanya dapat anda bawa sebagai oleh-oleh!

Garut – Dodol Garut

4

Siapa sih yang nggak kenal dodol garut? Camilan manis dan lengket ini memang menjadi camilan dan oleh-oleh khas Garut. Berbagai jenis dodol bisa kamu dapatkan di Garut, mulai dari dodol wijen, dodol nanas, dodol tomat, dodol durian, dodol coklat dan masih banyak lagi. Oh ya, kini Garut juga mulai terkenal dengan oleh-oleh berupa cokelat, walaupun tidak lepas dari dodol juga. Kamu bisa menemukan cokelat berisi dodol yaitu Chocodot, dengan berbagai rasa. Ada juga cokelat rasa cabai yang unik. Tentunya semua ini bisa kamu jadikan oleh-oleh saat kamu berkunjung ke daerah ini.

Surabaya – Bandeng Asap

mamaku-768x576

Bandeng Asap menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang saat berlibur ke Surabaya. Selain bisa dimakan langsung, bandeng asap juga enak diolah kembali jadi lauk. Intinya, Anda bisa menyantapnya sesuai selera dan membuat beragam kreasi dari panganan lezat ini. Harga bandeng asap biasanya dibanderol sekitar Rp 85.000 per kg (sekitar 2 ekor). Dan Anda bisa membeli oleh-oleh nikmat ini di Perum Permata Siwalan Indah atau Siwalan Panji Buduran Lingkar Timur Sidoarjo.

Jika kalian pergi ke daerah-daerah tersebut jangan lupa buat beli oleh-oleh khasnya ya gaes