Bahaya, Jangan Pernah Sepelekan Kebiasaan Mendengkur

Cara-Mengatasi-Tidur-Mendengkur-710x300

Mendengkur mungkin menjadi hal yang biasa bagi sebagian orang. Dilansir dari HuffingtonPost, hal itu diakibatkan terjadinya gangguan dalam saluran aliran udara yang melewati mulut bagian belakang dan hidung. Pastinya kalian punya anggota keluarga yang kalau tidur memiliki kebiasaan mendengkur.

Kebiasaan ini memang merupakan gangguan yang sangat umum terjadi. Hal ini bisa mengganggu pasangan. Atau saat berpergian dalam pesawat atau kereta dalam jangka panjang, kebiasaan seperti ini bisa mengganggu orang lain. Lalu apa bahaya mendengkur dan bagaimana cara mengatasinya? Ini dia!

Jika punya saudara atau pasangan yang memiliki kebiasaan mendengkur, jangan pernah dianggap sepele ya, guys! Bahkan kebiasaan seperti ini bisa mengakibatkan ‘kematian’ dalam kondisi tertentu. Jadi ada baiknya mulai mengobati diri ketika hal ini terjadi pada diri, saudara atau pasangan kalian.

Apa itu Mendengkur?

alasan-mengapa-anda-mendengkur-183976-1

Mendengkur adalah suatu keparauan, biasanya suara nafas yang kuat, diakibatkan oleh getaran tenggorokan yang terjadi selama tidur. Dengkuran terjadi ketika aliran udara yang melalui hidung dan mulut terhambat. Meskipun mendengkur umum terjadi, khususnya pada orang tua dan mereka yang memiliki berat badan berlebih, tidak selamanya itu menjadi pertanda bahwa Anda memiliki masalah pada kesehatan.

Bagaimanapun juga, saat terlanjur parah, mendengkur dapat mengakibatkan gangguan tidur. Mendengkur dapat juga pertanda hambatan pernapasan dalam tidur. Sekitar 30-50% dari dengkuran terjadi pada orang dewasa. Jumlah ini meningkat seiring dengan bertambahnya usia, dimana dengkuran terjadi setidaknya 60% pada orang dewasa di atas usia 60 tahun.

Penyebab dan Kondisi Orang Mendengkur

Getaran dari tenggorokan di daerah leher menyebabkan dengkuran ketika seseorang sedang tertidur. Hal ini terjadi karena adanya halangan pada lintasan atau pergerakan udara saat bernafas. Halangan pada pernafasan selama tidur dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena hidung yang penuh atau perkembangan massa hidung atau polip.

Orang-orang dengan kelebihan berat badan dan obesitas juga memiliki kecenderungan untuk mendengkur karena adanya tambahan jaringan di leher yang mengakibatkan tekanan berlebih dalam pernafasan mereka. Penyebab lainnya termasuk kekenduran otot tenggorokan dan pembengkakan susunan jaringan yang terletak di bagian belakang mulut seperti anak tenggorokan, amandel kanan atau kiri, dan teenggorokan itu sendiri.

Ketidaknormalan dalam bentuk wajah atau hidung seperti kesalahan posisi rahang dan ketidakrataan dinding yang memisahkan rongga hidung kiri dan kanan, seperti pada pasien dengan hidung bengkok atau ketidaksempurnaan dinding hidung, dapat pula mengakibatkan dengkuran.

Gejala Utama

Mendengkur sesungguhnya dapat merupakan suatu masalah kesehatan yang dikenal sebagai hambatan pernafasan dalam tidur. Ini adalah keadaan dimana seseorang tiba-tiba berhenti bernafas selama ia tidur. Peristiwa ini biasanya berlangsung selama tidak lebih dari sepuluh detik dan kemudian diikuti oleh tarikan nafas mendadak atau dengkuran. Hal ini biasanya terus terjadi selama beberapa kali sepanjang malam.

Hambatan pernapasan dalam tidur (Obstructive Sleep Apnea (OSA) dapat berakibat pada berbagai komplikasi seperti hipoksemia atau kekurangan tingkat oksigen dalam darah. Hal ini dapat berakibat pada buruknya kualitas tidur dan kurang tidur. Orang yang memiliki OSA memiliki risiko mengidap darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke, setidaknya sebanyak 30% lebih tinggi daripada orang normal.

Pada anak-anak, penderita OSA dihubungkan dengan buruknya prestasi di sekolah, masalah pertumbuhan dan kesulitan belajar. Sekitar 75% orang yang mendengkur memiliki gangguan pernafasan dalam tidurnya.

Cara Mengobati Dengkuran

Minum-alkohol

Jika kalian ingin sekali mengobati kebiasaan buruk tersebut ada baiknya hal yang pertama kalian lakukan adalah berhenti minum alkohol dan obat tidur. Alkohol dan obat tidur juga bisa menekan sara dan relaksasi otot leher. Zat yang terkandung pun bisa menyebabkan mendengkur. Jadi, coba untuk lebih hati-hati, ya!

dd

Yang kedua kalian bisa melakukan tidur menyamping. Biasanya orang yang mendengkur karena tidur dengan posisi terlentang. Jadi jika kamu mendengkur, cobalah posisi tidur menyamping. Jangan tengkurap, ya. Karena lehermu bisa terasa sakit jika bangun esok pagi.

y-1-768x402

Umumnya orang yang mendengkur banyak terjadi pada orang yang memiliki berat badan yang berlebih, nah jadi ada baiknya jika kamu kurangi berat badan. Ya, kelebihan berat badan terutama di leher bisa bikin kamu mendengkur. Hal tersebut dikarenakan adanya tekanan pada sistem pernapasan. Jadi, cobalah untuk diet. Mendapatkan badan yang indah sekaligus berhenti mendengkur, kenapa nggak?

merokok

Untuk para perokok ada baiknya jika kamu berhenti merokok. Rokok memang bisa menjadi penyebab seseorang tidur mendengkur. Hal itu dikarenakan zat yang dikandung rokok dapat membahayakan sistem pernapasan.

Itulah beberapa yang wajib diketahui bagi seseorang yang memiliki kebiasan mendengkur, sebaiknya cepat diatasi agar tidak menggangu orang sekitar dan juga demi kesehatan diri sendiri.